Powered by Blogger.

Wednesday, 3 July 2013

PENGANTAR : OVER POPULATION. PERMASALAHAN PENDUDUK MALUKU UTARA





Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar ke 4 setelah Amerika Serikat. Selain jumlah penduduknya yang besar, luasnya negara kepulauan dan tidak meratanya penduduk membuat Indonesia semakin banyak mengalami permasalahan terkait dengan hal kependudukan. Tidak hanya itu, faktor geografi, tingkat migrasi, struktur kependudukan di Indonesia dll membuat masalah kependudukan semakin kompleks dan juga menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus guna kepentingan pembangunan manusia Indonesia. Adapun masalah-masalah kependudukan yang dialami oleh Indonesia diantaranya adalah kondisi Demografis, yaitu Besarnya Jumlah Penduduk (Over Population)
Indonesia adalah Negara yang berada di urutan ke empat terbesar di dunia setelah berturut-turut China, India, Amerika Serikat. Jumlah penduduk Indonesia dari hasil Sensus 2010 mencapai angka 237.641.326 (www.bps.go.id). Dari tahun ke tahun jumlah penduduk Indonesia semakin bertambah. Dari sensus tahun 1971-2012, jumlah penduduk Indonesia semakin bertambah.

Dari data yang saya ambil dari Provinsi Maluku Utara mungkin dapat mewakili jumlah penduduk Indonesia, di bawah ini dapat dilihat bagaimana jumlah penduduk di Provinsi Maluku Utara dari tahun ke tahun semakin bertambah. Hal ini tentunya memberikan berbagai dampak baik postif dan negatif., positifnya antara lain sebagai penyediaan tenaga kerja dalam masalah sumber daya alam, mempertahankan keutuhan negara dari ancaman yang berasal dari bangsa lain, dsb.




Akan tetapi permasalahan kependudukan terkait dengan jumlah penduduk yang besar menjadi sebuah masalah yang tidak dapat dihindarkan. Provinsi Maluku Utara secara khusus memiliki berbagai potensi terjadinya konfik. Benturan antara berbagai kepentingan dengan berbagai organisasi masa lainnya membuat masalah besarnya populasi menjadi hambatan. Selain itu yang terpenting terkait dengan permasalahan penyediaan sumber daya alam dan berbagai kebutuhan penting lainnya. Adanya tekanan penduduk terhadap daya dukung lingkungan menjadi masalah yang sangat rumit. Kepentingan untuk membangun tempat tinggal dan ruang gerak sangatlah penting namun di sisi lain terdapat kepentingan yang terkait dengan permasalah lingkungan seperti halnya sebagai daerah aliran sungai, daerah resapan air, pertanian, penyediaan sumber daya alam, dll. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan dan keduanya perlu mendapatkan perhatian yang sama demi keseimbangan alam.

Selain itu, masalah yang muncul terkait dengan jumlah penduduk yang besar adalah dalam penyedian lapangan pekerjaan. Kebutuhan akan bahan pokok menuntut orang untuk berkerja dan encari nafkah. Namun, penyedia lapangan kerja sangatlah minim. Yang menjadi masalah adalah penduduk lebih senang untuk menggantungkan diri terhadap pekerjaan dan cenderung mencari pekerjaan daripada membuka lapangan pekerjaan. Hal ini menyebabkan masalah baru yaitu pengangguran. Apabila jumlah pengangguran ini tinggi, maka rasio ketergantungan tinggi sehingga negara memiliki tanggungan yang besar untuk penduduknya yang dapat menghambat pembangunan dan menyebabkan tingkat kemiskinan menjadi tinggi.

Jumlah penduduk yang besar memiliki andil dalam berbagai permasalahan lingkungan dan aspek lainnya. Jumlah penduduk yang besar tentunya membutuhkan ruang yang lebih luas dan juga kebutuhan yang lebih banyak namun lahan dan juga wilayah Indonesia tidaklah bertambah. Oleh karena itu, perencaan yang matang sangatlah diperlukan guna penentuan kebijakan terkait dengan besarnya jumlah penduduk Indonesia.

Terkait dengan jumlah penduduk yang tinggi tentunya terdapat faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah tingkat atau laju pertumbuhan penduduk. Besarnya laju pertumbuhan penduduk membuat pertambahan jumlah penduduk semakin meningkat.
Semakin besar persentase kenaikannya maka semakin besar jumlah penduduknya. Kenaikan ini tentunya membawa dampak bagi kependudukan Indonesia. Dalam penentuan kebijakan semakin banyak yang perlu dipertimbangkan baik dalam hal penyediaan berbagai sarana dan prasarana, fasilitas-fasilitas umum dan yang terpenting adalah kebijakan dalam rangka mengurangi laju pertumbuhan yang ada di Indonesia. Dari situlah muncul program KB dan kini ditangani oleh BKKBN.


Seperti  yang dipost dalam antara news.com (ANTARA News) Pada acara pelantikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Fasli Jalal,  Menkes mengatakan bahwa Revitalisasi Program KB adalah salah satu fokus dan prioritas Pembangunan Kesehatan yang diarahkan kepada penguatan supply dan demand secara seimbang.

"Dalam penguatan sisi supply, jajaran Kementerian Kesehatan, BKKBN, dan Pemerintah Daerah bersama masyarakat diharapkan dapat melakukan dengan sungguh-sungguh, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, upaya-upaya yang mencakup memperkuat sistem pelayanan KB, memperkuat kerjasama dengan mitra pelayananProgram KB, memastikan ketersediaan sarana-prasarana dan alat-obat kontrasepsi di semua sarana pelayanan kesehatan, meningkatkan kapasitas provider pelayanan KB

"Sedangkan dalam penguatan demand creation saya minta agar dilakukan pula dengan sungguh-sungguh upaya-upaya yang mencakup merubah pola pikir agar Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera Melembaga dengan merubah motto dari Dua Anak Lebih Baik ke motto Dua Anak Cukup, menumbuhkan sense of crisis dengan bekerja kreatif, tidak business as usual,  dan berintegritas tinggi.


.

Comments :

6 Komentar Kritis to “PENGANTAR : OVER POPULATION. PERMASALAHAN PENDUDUK MALUKU UTARA”

sepakat dengan preverensi yang di uraikan oleh penulis tentang over populasi dan permasalahan penduduk di maluku utara. bi diperkuat dengan pengkajian dan advokasi problem yang terkait sehingga kematangan dalam bahasaan ini semakin jelas. ada hal yang menjadi berat untuk saya sepakat bahawa program KB harus di tinjau juga kapasitasnya. karena kembali kepada pengkajian yang keluar dari problem sosial ini. ternyata ada hal mendasar yang harus dilihat, yakni masalah keyakinan dan kepercayaan di setiap agam yang memberatkan masalah prostitusi. karena mengiyakan kapasitas KB sama halnya akan bertentangan dengan satu keyakinan yang melarang prostitusi dalam satu aga tertentu. apakah ada cara atau hal lain selain menstabilkan program KB untuk menjaga serta dapat meretas problem over population ini..??

Airil Babos said...
on 

I think this blog is very informative for all windows users.
software free download | avira license

Scarlet Emma said...
on 

Thanks a lot for giving this usefull information. I like it so much
Free Window Software Download | Adobe Incopy CC 2014 Portable

Tina Tin said...
on 

Do update me for these type of interesting blogs.
crack software free download | magix movie edit crack

Emma S. Payton said...
on 

this is really nice and good post
Adobe premiere elements 13 download

Richard S. Maddox said...
on 

Thanks a lot for giving this useful information. I like it so much
Latest Software

ellie san said...
on 

Post a Comment

[ Gunakan Kotak Komentar Pop Up untuk Berkomentar ]

Gunakanlah hak suara anda pada kotak dibawah ini secara profesional.