Powered by Blogger.

Sunday, 8 April 2012

Daftar Bank Konvensional di Indonesia Beserta Sejarahnya




BANK PERSERO


Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia


Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), sebelumnya bernama Bank Ekspor Indonesia (BEI), adalah lembaga keuangan nonbank di Indonesia yang mengkhususkan diri untuk membiayai ekspor. Dalam menjalankan operasinya, LPEI menggunakan nama Indonesia Eximbank untuk menyejajarkan diri dengan bank ekspor impor negara lain.

Bank Ekspor Indonesia didirikan sebagai Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa perbankan, khususnya sebagai lembaga pembiayaan ekspor (export credit agency). Perusahaan ini didirikan pada 25 Mei 1999 berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 1999 dan keseluruhan sahamnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Sejak Oktober 2004, perusahaan ini dipimpin oleh direktur utama Arifin Indra S..

Berdasarkan Undang-Undang No. 2 Tahun 2009 tentang Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia yang disahkan pada 16 Desember 2008, status BEI diubah menjadi LPEI. Masa transisi dari BEI menjadi LPEI ditetapkan selama 9 bulan, walaupun pemerintah optimis dapat menyelesaikan dalam waktu 6 bulan saja. LPEI sempat dipimpin oleh Mahendra Siregar yang menggantikan Arifin Indra selama beberapa bulan di akhir tahun 2009. Mahendra memutuskan untuk mengambil tawaran menjadi Wakil Menteri Perdagangan di bulan Desember 2009 dan digantikan oleh I Made Gde Erata (mantan Kepala BPPK Depkeu) yang menjabat hingga saat ini.

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia dibentuk dengan undang-undang tersendiri yaitu UU No. 2 tahun 2009 tentang Lembaga Pembiayaan Ekspor. Disebutkan bahwa Pembiayaan Ekspor Nasional adalah fasilitas yang diberikan kepada badan usaha termasuk perorangan dalam rangka mendorong ekspor nasional. Penyelenggaraan Pembiayaan Ekspor Nasional didasarkan atas asas: a) kepentingan nasional; b) kepastian hukum; c) keterbukaan; d) akuntabilitas; e) profesionalisme; f) efisiensi berkeadilan; dan g) keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional, bertujuan untuk menunjang kebijakan Pemerintah dalam rangka mendorong program ekspor nasional.


Bank Negara Indonesia 


Bank Negara Indonesia atau BNI (IDX: BBNI; nama lengkap: PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.) adalah sebuah bank pemerintahdi Indonesia. BNI dipimpin oleh seorang Direktur Utama yang saat ini dijabat oleh Gatot M. Suwondo.
BNI adalah bank komersial tertua dalam sejarah Republik Indonesia. Bank ini didirikan pada tanggal 5 Juli tahun 1946. Saat ini BNI mempunyai 914 kantor cabang di Indonesia dan 5 di luar negeri. BNI juga mempunyai unit perbankan syariah.


BACA SELENGKAPNYA...





Comments :

0 Komentar Kritis to “Daftar Bank Konvensional di Indonesia Beserta Sejarahnya”


Post a Comment

[ Gunakan Kotak Komentar Pop Up untuk Berkomentar ]

Gunakanlah hak suara anda pada kotak dibawah ini secara profesional.