Powered by Blogger.

Tuesday, 26 July 2011

Kekuatan Musik






Berangkat dari pandangan, pengetahuan dan pengalaman saya mendengarkan musik. Akan saya coba paparkan sedikit kekuatan istimewa sebuah musik. Musik atau  wujud dari alunan nada-nada memiliki kekuatan yang tidak kita sadari.

Dengan mendengarkan musik, kita bisa merasa tenang, sedih, marah, senang, takut, nangis, tengkurep, kayang, nungging dalam waktu yang bersamaan. Itulah alasan kenapa berbagai macam  jenis film selalu mempunyai sountrack atau musik pengiring, tentunya  untuk mendukung suasana yang ingin digambarkan oleh sang sutradara, sehingga penonton seakan-akan ikut merasakan hal yang sama yang dirasakan oleh pemerannya. 
Bayangkan  seandainya  film “dealova” tidak ada soundtrack atau musik pengiringnya, kemudian ditayangkan seperti sebuah pertunjukan pantomim. Mungkin ketika sang cowok  tewas meninggal,  ada sebagian penonton yang bengong  melongo senyum sampai ilernya berceceran karena bahagia akhirnya sang pemeran yang penyakitan itu meninggal juga. Ini menunjukkan  bahwa musik dapat memberikan pengaruh yang besar dalam mengendalikan emosi/suasana  hati dan perasaan kita serta menghubungkan pesan antara hati dengan hati. 

Selain itu musik juga bisa memberikan kita kekuatan untuk bertindak, buktinya rata-rata orang yang bego akan nekat bunuh diri dengan cara loncat dari atas meja keluar jendela ( mejanya ada di gedung lantai delapan puluh )  karena mendengar musik sedih waktu putus cinta. Secara tidak langsung musik memberikan mereka keyakinan untuk melakukan itu.

Kebekuan antara negara raksasa seperti AS, US dan China dapat mencair bukan dengan misi dari diplomat unggulan atau misi militer, tapi melalui misi musik. Dan  pernyataan bahwa  bayi yang sering diperdengarkan musik klasik mozart Sonata for Two Pianos in D Major akan cenderung lebih aktif dan cerdas  membuktikan kekuatan  lain dari musik bagi manusia.


Dibalik semua itu ada satu kekuatan musik yang sangat menarik. Ibarat memory card,  musik mampu menyimpan bentuk perasaan yang  kamu rasakan.  Musik dapat membangkitkan perasaan dan emosi masa lalumu yang mungkin sudah kamu lupakan. Oleh karenanya jika kamu memiliki saat-saat bahagia,  entah itu waktu nyuri ayam, waktu didasar laut, waktu lulus sekolah, waktu pedekate, waktu digoda banci, atau apapun yang kamu rasa pantas untuk dikenang, dengarlah  musik. Dengarkan musik yang sedang kamu sukai pada momen-momen terbaik dalam hidupmu. Then, ketika nanti saat semua masa-masa keemasanmu telah berlalu, pasang  rapat-rapat headset ditelingamu, dengarlah kembali musik-musikmu, dan perasaan yang sama seperti waktu ketika kamu mendengarnya dulu akan kembali kamu rasakan. Try it.




 Sumber gambar : freepoison.wordpress.com


 

Comments :

85 Komentar Kritis to “Kekuatan Musik”

iyah, musik hmmm ... ane suka terutama musik luar Indo "I like it"

Asmara Susanto said...
on 

Ane yakin kkuatan ntU,... Brad cb dunlut lagu2 rekaman ane wktu msih lajang,... hehehehe,.... The Molex Band ,.... search aja Brad, mungkin Brather bza tau prasaan2 ane wktu lajang,... hihihi

RizaL vm said...
on 

@Asmara Susanto
hehe semua jenis musik memiliki kekuatan yang sama sob :)semua tergantung selera musik kita ;)kalo ane suka musik "indo" :D

nC said...
on 

@Rizal vm
eh jadi ceritanya brader ni dulunya anak band? :D wow cool.
hehe jadi the molex tu nama bandnya ya brad. artinya apa brad? hehehe
sip sip nanti klo ke warnet ane dunlud dh lgunya ;) klo pake modem drmh, lelet brad :) ;)

nC said...
on 

sudah masBRO uda nempel cari aja "Cupz Blog | Share For Fun"

Asmara Susanto said...
on 

iy sob RT nC : @Asmara Susanto
hehe semua jenis musik memiliki kekuatan yang sama sob :)semua tergantung selera musik kita ;)kalo ane suka musik "indo" :D

Asmara Susanto said...
on 

@Asmara Susanto
hehehe yup.. thanks sob ;)

nC said...
on 

Hahahaha,... Dlu ntu mah Brad wktu lgi iseng ja (hoby jga sh) hihihihi,... Ktmu sang Istri jga krena dlu ska manggung2 k luar kota, eeeeh dapet deh... hahaha

RizaL vm said...
on 

wah mpe manggung k luar kota, berarti hebat donk brad :) wahh salut dh bwt bradda :)hehe jadi sambil menyelam air ni brad :) keren ;)
eh, kalo van mook tu apaan? hehe

nC said...
on 

Van Mook ntu salah satu Organisasi yg Ane buat d Kecamatan Cikarang Pusat Brad,.... Kita coba adopsi para pemuda yg kreatif n punya kemampuan (yg belum tersalurkan), kita arahkan mereka untuk menjadi pemuda yg punya pola pikir modern n berwawasan luas, krena pemuda2 d sekitar Ane masih bnyak yg berjiwa Marjinal Brad... Kita juga mencoba menyekolahkan mereka yg memang tidak mampu tetapi sangat ingin bersekolah dgn Proyek gratis Jenjang Paket A (setara SD) Paket B (setara SMP) n C (setara SMA) dngan lembaga PKBM (pusat kegiatan belajar mengajar) Bina Karya Pratama.... Mudah2n k depan, para Pemuda ini bisa jadi para pemimpin yg baik,... N InsyaAllah kalu memang Pemudanya berkualitas, Negara kita pun akan menjadi Negara yg lebih baik lagi drpd ke depannya ,.... ^_^

RizaL vm said...
on 

Brad,... d kata terakhirnya, drpd'y hapus yaaaa,... hehehehehe

RizaL vm said...
on 

Hmm,, Memang MUSIK tuh BIKIN HIDUP LEBIH HIDUP Boss!!!
Kalo Gak ada MUSIK Kayak KUBURAN tuh... (Lupa-Lupa Ingat/Ulet Bulu)
Hwehehee... MANTAAAF Boss!!!

bagi bagio said...
on 

salam sahabat
maaf telat
bagus sekali kekuatan musik bisa memacu sebuah motivasi yang sangat kuat

Dhana/戴安娜 said...
on 

@Rizal vm
hehe bradda emang top markotop dh :D 4 jempol buat brad ;)
masa muda berkarya dalam musik, kemudian bangkit menjadi pioner organisasi sosial. hehe ane jadi ngiri brad :) hehe selamat berkarya dan jaya terus brad. ttp jaga semangat sosial yg membanggakan itu ;)

*tepuk tangan : plok plok plok plok :D hehehehe

nC said...
on 

@bagi bagio
"membuat hidup lebih hidup" wah mantafff kata2nya sob ayas :D hehe

nC said...
on 

WOW, kekuatan musik sebesar itu

All About Anime said...
on 

@Dhana/戴安娜
hehehe makasih banyak mbak dhana :)

nC said...
on 

@All about anime
hehe iya sob :) sebesar "itu" namun tidak sekecil "ini" :D hhhee

nC said...
on 

iya... muzik itu indah sekali..:)

r.a.firdausi said...
on 

hehe yup,, ane sepakat sob ;)

nC said...
on 

Apalagi bila kita ngeband and pas dapet feel nya,., ga bisa di ungkapin dah mas perasaannya, Gila ja dah , lupa semuanya, hehehehe.
dah sembuh mas bro?

FirdausTech said...
on 

wah wah jgan-jgan sobat ane ni dlunya pemain band jga ya :D hehehe
iya alhmdlulillah dh mndingan skrg sob ;) thanks :) hehe

nC said...
on 

musik memang hebat ya bisa mengubah perasaan seketika terharu sanang bahagia dan ngantuk hehehe

anisayu said...
on 

Lagu merupakan bentuk expresi hati, perasaan yang sedang kita rasakan dalam bentuk bunyi bunyian kan sob? jujur nih, aku lebih suka musik yang membuat takut hahahaha :D

btw postingannya hebat sob, lengkap jelas dan bagus isinya :) "Dengan mendengarkan musik, kita bisa merasa tenang, sedih, marah, senang, takut, nangis" setuju banget sob! tapi aku blm pernah ampe nangis begitu wkwkwk

Farixsantips said...
on 

@anisayu
haks haks :D ngantuq :) hmm boleh jg buat ngisi salah satu poin kekuatan musik diatas :) hehe
trims mbak :)

nC said...
on 

@farixantips
hehe bner sob :) wua brarti hatinya penuh hal2 yg mencekam donk sob? :D wkwkwk
hehe thanks sob :) hmm blm nangis ya?? mungkin blm saatnya sob :) kalo tiba waktunya bakal nangis juga :D hheeee

nC said...
on 

Nangis lah! waktu kecil hahaha :D kalo karna lagu belum pernah :P Air mataku untuk sang Ibu sob :) hihi

Farixsantips said...
on 

hidup tanpa music hampa rasanya sob...

Doni Masrul said...
on 

@Farixsantips
hehe itu maksud saya sob, nangis karena lagu :)hehehe
eh eh wow keren banget sob :)sipp, simpan air matamu utk sang ibu tersayang :) dan jaga air mata ibumu :) jika ibumu harus meneteskan air mata karenamu, maka pastikan itu karena air mata kebanggaan :) hehe
sukses sobatku :)

nC said...
on 

@Doni Masrul
hehe bener bgt sob ;)

nC said...
on 

music is my life :D

AcerNoval said...
on 

me too prend :D hhaa

nC said...
on 

kayaknya bener sih,
seperti kalau kita denger musik yang lagi trend waktu masa smp, maka kenangan culun itu terngiang kembali hehehe

Forum Promosi Gratis said...
on 

emang bener, kalo musik bisa menenangkan hati pendengarnya.
tapi dulu menurut agama islam, musik itu haram. karena kebanyakan
yang pakai musik umat yahudi dan kristiani.

emang bener, kalo musik bisa menenangkan hati pendengarnya.
tapi dulu menurut agama islam, musik itu haram. karena kebanyakan
yang pakai musik umat yahudi dan kristiani.

Said Arsyad said...
on 

ni q lgi ma ngeband cupz.. ngikut gaaag??

Mas uwah said...
on 

tanpa musik dunia ga akan beriisik.....

Green KLOPERER said...
on 

ngomongin musik jadi inget kembaran ane yang dulunya musisi nyoba2 jadi bintang film unyil,eh taunya malah jadi camping di hotel penuh terali...inget juga masa2 ngamen dulu dari pintu ke pintu baru mangap dah...ada yang bilang..."orangnya ga ada..",lah apa yang ngomong bukan orang..?..cuma segala sesuatu emang bisa dilukiskan dengan musik..gitu kata bang toyib yang kucing garongnya dah hamil 3 bulan karena sering pacaran berduaan...

AntonAbiHandsome said...
on 

@Forum Promosi Gratis
hehe bner bner sob :) musik menyimpan persaan dalam ingatan kita :D

nC said...
on 

@Said Arsyad
hehe bner sob :) namun semua tentunya relatif, sekarang musik bersifat universal/luas, bahkan musik dpt menjadi media dakwah :)
nilai haram tentunya diperoleh jika sebuah musik ditampilkan dengan dayang atau penari2 yg dapat membangkitkan syahwat. Atau yg kemudian melalaikan kita dari mengingat Allah SWT. :)

nC said...
on 

@Mas uwah
eh bner mas? wahh mau mau :D hhaa

nC said...
on 

@Green KLOPERER
hehe klo mo berisik, kan masih ada knalpot motor sob :D hheee kidding ;)

nC said...
on 

@AntonAbiHandsome
hahahahaha aya-aya wae :D
wah wah my bro ni punya cerita masa lalu juga ya? :D haks haks

nC said...
on 

Oke :D ditunggu visitbackny :D RT nC : @Asmara Susanto
hehehe yup.. thanks sob ;)

Asmara Susanto said...
on 

yupz bener sekali mas. Mendengarkan musik membuat kita bisa menjadi tentang dan tentram. Apalagi musik yang tidak terlalu menyakitkan telinga, pasti nda bakal bosen tuh. Musik juga bisa diselingin dengan belajar agar tidak bosan.

Cara Mendaftarkan Blog ke DMOZ said...
on 

yes musik menghidupkn suasan dan kenangan

bopfive5 said...
on 

musik jg memberi rasa fresh ya brow.. oya met puasa ya.

halobro said...
on 

yok kita bermain musik,katanya musik itu bahasa yang universal,salam love,peace and gaul.

saryadinilan said...
on 

Musik memang mudah mempengaruhi perasaan seseorang... :)

Catatan Ngeblog said...
on 

Benar benar dahsyat kekuatan musik itu ya, >D

All About Anime said...
on 

berkunjung lagi boleh ya sob. :)

oh ya Minal Aidzin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir & Batin ya. Ada award juga nih bagi top komentator di blog saya khusus bulan ramadhan. hehe :)

Marhaban Ya Ramadhan - Ramadhan Award 2011 said...
on 

pas banget sama hobi saya.. bacabuku *apahubungannya??
saya suka banget denger musik sama nyanyi ^^

illa fukuyo -_-' said...
on 

salam sahabat, terimakaih ya sudah berbagi wawasannya, karena mengenai musik saya sangat awam.

Dunia Optimasi said...
on 

oh ya, ada award nih buat sobat. monggo diliat

Award DAW-XP Juli 2011 said...
on 

udah lama nih ga pernah dengerin muzik lagi, lam kenal

d3no said...
on 

Bagiku tiada hari tanpa musik, dirumah , dimobil atau dikantor..:-)

Tempat berlibur said...
on 

Dapat award nih kamu sob :)

Farixsantips said...
on 

Ane yakin tntang kkuatn musik itu.Soalnya memmng musik bisa membawa pengaruh baik dan buruk bagi pendengrx..
Visitback+comment2 ya

Rendy Rizaldy said...
on 

kalo musik campursari gmana ya salam kenal gan

zendun said...
on 

padahal para pembuat master piece itu gag semuanya sempurna kan iia...?!?! bahkan ada yang cacat :( tanpa musik.. apalah artinya diri ini..?!?! halah :(

Belajar Photoshop said...
on 

kmna aj gk pernah keliatan?

Asmara Susanto said...
on 

@Cara Mendaftarkan Blog ke DMOZ
hehe bner bgt sob :) ane juga lbih suka musik santai yg easy listening :)

nC said...
on 

@bopfive5
iya bner sob :) kenangan2 masa lalu jadi kembali terasa :) hehe

nC said...
on 

@halobro
met ibadah puasa jg sob :) Marhaban Ya Ramadhan :)

nC said...
on 

@saryadinilan
hehe ayo sob :) salam love peace n gaul jg bro :)

nC said...
on 

@Catatan Ngeblog
yapp, ane sepakat sob ;)

nC said...
on 

@All About Anime
hehe sepertinya bgt bro ;)

nC said...
on 

@Marhaban Ya Ramadhan - Ramadhan Award 2011
Minal Aidzin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir & Batin jg ya sob :)

nC said...
on 

@Dunia Optimasi
sama2 sob :) semoga bermanfaat :)

nC said...
on 

@illa fukuyo -_-'
haha bisa aja sist ;)

nC said...
on 

@Award DAW-XP Juli 2011
@Farixsantips

sipp segera ane jemput awardnya :) thanks ya sob :)

nC said...
on 

@d3no
salam kenal jg sob ;)

nC said...
on 

@Tempat berlibur
yupp, music is my life ;)

nC said...
on 

@Rendy Rizaldy
sepakat sob :)
sipp segera ke tkp ;)

nC said...
on 

Sama sama sob :) makasih ya :)

Farixsantips said...
on 

@zendun
hehe selama pendengarnya menikmatinya, buat ane sama sj :) salam kenal jg sob :)

nC said...
on 

@Belajar Photoshop
hahaha sepertinya anda penikmat musik melow :D *sotoy

nC said...
on 

@Asmara Susanto
huff iya sob. ane sedikit sibuk akhir2 ini :( hehe :)

nC said...
on 

@Farixsantips
hehe iya brader ;)

nC said...
on 

musik is my life he3..kesini lg

bopfive5 said...
on 

"mas sory ganggu, hehe
bantu sy yah(suport gitu) untuk kontes SEO yang sy ikuti, Kerajaanhosting masa depan hosting Indonesia visitback kawan #CekInfo"

Kerajaanhosting masa depan hosting Indonesia said...
on 

Hmmmm,Saya paling suka musik klasik mozart yang judulnya La Marche Turque

Musa Khairul Umam said...
on 

@bopfive5
@Kerajaanhosting masa depan hosting Indonesia
@Musa Khairul Umam
mav telat balasnya sob :) hehe sukses selalu buat sobat bertiga.

nC said...
on 

Musix adalah suara hati mengalir begitu indah dibalut nada-nada, kalau kata group Band asal Bandung NAff "Isyarat Hati"..sobat semua.
Salam PERSAHABATAN dan Sukses Ok.

Rachman Abdillah said...
on 

wah..ilmunya manteb,sangat inspiratif..kunjung balik ya...

yons said...
on 

btul,... music itu dapat membangkitkan emosi dan perasaan orang lain loh...

Sony said...
on 

Post a Comment

[ Gunakan Kotak Komentar Pop Up untuk Berkomentar ]

Gunakanlah hak suara anda pada kotak dibawah ini secara profesional.