Powered by Blogger.

Saturday, 26 March 2011

perbandingan open office 2003 dengan open office 2007


Ms.Office vs Open Office
Yang perlu diperhatikan ketika hendak menggunakan software yang legal adalah mencermati benar fungsinya. Terutama bila berkaitan dengan anggaran untuk membeli suatu software, dibutuhkan pertimbangan yang matang agar uang yang dikeluarkan tepat sasaran. Saat ini ada banyak aplikasi office yang digunakan dalam operasional produksi perusahaan. Saya hanya menyebutkan dua yang terkenal yaitu Microsoft Office dan Open Office. Dua software ini memiliki fungsi yang sama yaitu aplikasi office seperti word, spreadsheet / excel, presentasi, email, dan lainnya. Namun, bila benar kedua software ini memiliki fungsi yang sama lalu dimana letak perbedaannya? Bila anda mengetahui perbedaannya maka bisa menjadi pertimbangan untuk memangkas pengeluaran perusahaan sekarang juga! Tertarik?
MS Office dan Open Office dibuat oleh perusahaan dan latar belakang yang berbeda. MS Office sendiri dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft yang terkenal dengan budget yang tidak terbatas. Sedangkan Open Office dibuat atas dukungan komunitas Open Source seluruh dunia. Kedua produk ini berjalan pada latar belakang dan filosofis yang berbeda. Dan sekali lagi berlaku hukum setiap produk tentu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.
Brett Bonfield sebagai Director of Fundraising and Communications for NPower Pennsylvania dan Laura S. Quinn sebagai Idealware’s Founder and Director memberikan perhatian tentang kedua produk ini. Mereka menulis artikel tentang perbandingan antara MS Office dengan Open Office. Tulisan yang berisi tentang komparasi antara kedua produk menjelaskan secara gamblang tentang kondisi, fungsi, keamanan serta legalitas. Sebagai gambaran umum, pada artikel mereka dibahas tentang perbedaan MS Office 2003 ( NB: MS Office 2007 sebagai produk terbaru microsoft tidak dibahas di artikel ini ) dan Open Office ( yang masih dengan seri Open Office 2.0 ) pada sisi email client, word processor ( Aplikasi Word ), Spreadsheet ( Aplikasi Excel ) dan beberapa kategori lain.
Microsoft Office
Dari penjelasan tersebut terlihat bahwa untuk aplikasi office, Open Office bisa dipercaya untuk menggantikan MS office dan tentunya memangkas $499 atau sekitar 5 juta rupiah untuk tiap satu komputer! untuk referensi tentunya anda bisa melihat di daftar harga MS Office 2007. Perlu diperhatikan, harga 5 juta hanya untuk tiap 1 komputer saja. Namun, biasanya Microsoft memberikan solusi seperti menyewa produk MS Office dengan harga miring menurut versi Microsoft.
Bila anda sudah melihat perbedaan dan keunggulan yang diberikan oleh Open Office dan tertarik, tentunya harus memperhatikan beberapa hal seperti yang saya sebutkan berikut.
1. Sosialisasi Open Office
Pemberian ilmu pengetahuan tentang penggunaan Open Office tentu diperlukan kepada tiap karyawan yang menggunakan aplikasi tersebut. Walaupun tampilan Open Office mirip dengan MS Office, namun perlu diketahui bila karyawan belajar sendiri secara otodidak tentunya bisa mengurangi kinerja produksi. Kenapa? karena waktu untuk bekerja akan terkuras untuk aksi uji coba dan eksperimen terhadap Open Office yang masih terlihat awam bagi mereka yang belum mengenal betul. Solusinya ? Training! Anda dapat menghubungi kelompok pengguna linux yang ada didaerah anda. Misalkan KPLI jogja, KPLI jakarta , KPLI Bali , KPLI Surabaya. Bila kota anda tidak ada di list yang saya berikan maka dapat melihat pada situs salah satu komunitas dan disana akan diberikan link KPLI-KPLI yang ada diseluruh wilayah indonesia. Dengan bekerja sama dengan KPLI tentu akan memudahkan untuk melakukan migrasi tanpa mengurangi efisiensi produksi.
2. Sistem Baru dalam Sharing File
Yang menjadi perhatian khusus adalah adanya produk Microsoft 2007 dengan ekstensi baru seperti .docx, .xlsx, dst. MIsalkan file dokumentasi yang disimpan dengan format .docx memiliki kekurangan yaitu tidak bisa dibuka dengan Microsoft Word 2003 ( .docx sudah pasti tidak dapat dibuka ) dan Open Office ( .docx sampai artikel ini ditulis April 2008, Open Office belum bisa membuka file tersebut. ). Dengan adanya hal seperti ini, tentunya harus dibuat sistem persamaan yaitu menyimpan file dengan format yang open source seperti .doc, .xls, .ppt, dst.
3. Semangat Open Source
Open source mempunyai kecenderungan menular satu sama lain. Jadi bila anda berniat untuk migrasi, maka tularkanlah semangat tersebut pada lingkungan kerja. Dengan adanya semangat yang sama tentu akan mempermudah migrasi dengan cepat dan optimal.
OpenOffice.org adalah salah satu software OfficeSuite (wordprocessor, spreadsheet dan presentation) yang bersifat OpenSource sehingga bisa di download, diinstal, didistribusikan secara bebas tanpa harus membeli lisensi ratusan dolar. Sebagai salah satu alternatif pengganti Microsoft Office yang mungkin terlanjur mengakar pada kebanyakan pengguna komputer, OpenOffice secara kualitas setingkat dengan Ms Office. Jadi bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Ms Office akan cepat familiar dengan OpenOffice sebab menu dan featurenya sangat mirip walaupun tidak 100% sama. Tidak hanya untuk para pengguna Linux saja, OpenOffice ini juga bisa diinstal dilingkungan Ms Windows, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang ratusan dolar hanya untuk membeli software OfficeSuite. Anda tinggal men-download OpenOffice di http://download.openoffice.org secara gratis tanpa harus takut dijuluki sebagai pengguna software bajakan. Ingin tahu berapa harga Ms Office ? Saya kutipkan daftar harga dari salahsatu penjual software original www.bhinneka.com per Mei 2008 :


Harga paling murah dari Ms Office adalah US$144 atau sekitar Rp 1.339.200 (kurs US$ 1 = Rp 9300). Ms Windows XP Home Edition (yang paling murah) harganya US$ 213 atau sekitar Rp 1.980.900. Jadi untuk bisa menjalankan Ms Office 2007 original dikomputer pribadi minimal harus menyediakan dana sebesar Rp 3.320.100. Sedangkan jika menggunakan OpenOffice Anda hanya membayar untuk pembelian Ms Windows saja, atau bahkan bisa gratis sama sekali jika menggunakan Linux Operating System. Anda masih ragu dengan kualitas OpenOffice.

Anda akan cepat familiar dengan OpenOffice Writer  karena hanya terdapat perbedaan tipis.
Beberapa perbedaan tipis antara Ms Word dan OpenOffice Writer antara lain :
• Menu pengatur Page Setup


Menu Page Setup Ms Word ada pada : File -> Page Setup. Sedangkan pada OpenOffice Writer : Format -> Page
• Menu Header-Footer



Menu Header-Footer Ms Word : View -> Header and Footer. Pada OpenOffice Writer : Insert -> Header dan Insert -> Footer
• Menu Symbol (untuk insert karakter khusus misalnya alfa, beta, gamma dll)



Menu Symbol Ms Word : Insert -> Symbol. Pada OpenOffice Writer : Insert -> Special Character
• Menu Page Number


Menu Page Number Ms Word : Insert -> Page Number. Pada OpenOffice Writer : Insert -> Fields -> Page Number
• Menu Format Font


Menu Format Font Ms Word : klik kanan -> Font. Pada OpenOffice Writer : klik kanan -> Style
Hanya beda tipis kan ? Perbedaan ini pun hanya perbedaan letak menu saja. Jadi mengapa harus memakai software yang berharga ratusan dolar atau software bajakan, jika ternyata yang gratis pun mempunyai kualitas yang sama. Oleh karena itu ayo migrasi ke OpenOffice dan bergabunglah dengan komunitas OpenSource international karena……KNOWLEDGE IS FREE. Semoga bermanfaat.

Semua software atau sistem informasi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Belum ada software atau sistem informasi yang paling berkualitas. Semuanya hadir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai contoh adalah Microsoft Office 2007. Aplikasi perkantoran ini hadir dengan tampilan yang radikal. Tampilan yang tidak biasa dan agak menyusahkan karena banyak perubahan posisi semua tombol pada versi sebelumnya.
Microsoft Office adalah software aplikasi perkantoran yang pertama kali dirilis pada tanggal 30 Agustus 1992. Aplikasi yang pertama kali dirilis adalah Microsoft Office 3.0 yang waktu itu hanya ada beberapa aplikasi pendukung perkantoran, yaitu:
1. Microsoft Office Word untuk pengolahan kata
2. Microsoft Office Excel untuk pengolahan data numerik
3. Microsoft Office Power Point untuk presentasi
4. Microsoft Office Outlook untuk menggunakan email
Microsoft office hingga saat ini telah merilis beberapa versi yang lebih baru yang katanya lebih aman, canggih, mudah digunakan, tampilan yang lebih indah, interoperabilitas antara program dengan office, dan penambahan program baru ke dalam office. Penambahan program baru menjadikan office dengan komposisi baru, yaitu
1. Microsoft Office Word
2. Microsoft Office Excel
3. Microsoft Office Power Point
4. Microsoft Office Outlook
5. Microsoft Office Access
6. Microsoft Office Infopath
7. Microsoft Office Publisher
8. Microsoft Office FrontPage
9. Microsoft Office OneNote
10. Microsoft Office Project
11. Microsoft Office Visio
Beberapa tambahan tidak disertakan dalam satu bundel paket Software, tetapi harus membeli lagi untuk memperolehnya >: .
Beberapa Evolusi Microsoft Office
1. Microsoft Office 3.0
2. Microsoft Office 97
3. Microsoft Office 2000
4. Microsoft Office XP
5. Microsoft Office 2003
6. Microsoft Office 2007
Semua versi Office menggunakan menu yang mengikuti standar industri software yaitu menggunakan teks yang dibagi kedalam beberapa kelompok menu dan submenu dibawahnya. Namun pada Microsoft Office 2007 tampilan berubah sama sekali menggunakan Ribbon, yaitu mengelompokkan menu-menu pada toolbar dengan menampilkan semua menu dan submenunya berupa grafis atau icon.
Mengapa Microsoft Office kurang berkualitas ??
1. Maintainability
Dokumen yang dibuat oleh Office pada versi sebelumnya dapat dibaca pada versi yang lebih baru, namun tidak sebaliknya. Misalkan ketika saya membuat dokumen pada Office 2003 dan saya berpindah komputer yang masih menggunakan Office XP maka dokumen saya tidak akan dapat terbaca atau mungkin masih dapat terbaca namun dengan tulisan yang tidak saya mengerti maksud dan arti katanya.
Microsoft Office juga tidak mendukung format dokumen lain misalnya format Open Document ( odt, odp, odb, odm, odf ). Sungguh tidak adil karena Open Office dapat digunakan untuk membuka dokumen Microsoft Office namun Microsoft Office tidak dapat digunakan untuk membuka dokumen Open Office.
2. Usability
Semua fungsi dan menu Office relatif mudah digunakan, kecuali pada versi terbaru yaitu Microsoft Office 2007. Pada versi ini tampilan, lokasi, dan tempat menu berubah total sehingga memerlukan waktu yang lebih banyak untuk belajar, memahami dan membiasakan pengguna dengan tampilan menu baru tersebut.
3. Security
Semua dokumen yang dibuat oleh Microsoft Office sangat rentan dan rawan terjangkit virus. Telah banyak virus yang mengganggu dokumen yang dibuat dengan aplikasi ini. Virus tersebut merusak, mengganti kata-kata dalam dokumen, atau bahkan yang lebih parah adalah menghapus dokumen kita.
Virus tersebut memanfaatkan fasilitas makro yang memang disediakan oleh Microsoft Office. Makro adalah fasilitas untuk menambahkan script basic untuk otomatisasi dokumen. Namun ini disalahgunakan oleh banyak orang sehingga digunakan untuk merusak dokumen.
Selain virus yang berbasis makro, banyak virus lain yang tidak berbasis makro namun memusatkan serangannya pada file dokumen Office. Sehingga semakin bertambah banyaklah perusak-perusak data anda yang berkeliaran di alam bebas :p.
Item pada daftar diatas adalah yang membuat Microsoft Office menjadi kurang berkualitas yaitu Maintainability, Usability, dan Security. Terdapat alternatif lain software untuk aplikasi perkantoran yang memiliki nilai lebih dalam beberapa hal untuk menggantikan Microsoft Office, yaitu Open Office.
Berikut ini perbandingan keuntungan dan kerugian software untuk aplikasi perkantoran antara Open Office dan Microsoft Office.
Topik Open Office Ms. Office
Maintainability Dapat membaca berbagai format file seperti odt, doc, odp, ppt, sxw, rtf, oth, dan masih banyak lagi. • Tidak dapat membaca file office Open Document
• Versi yang lama tidak bisa membaca file Office dari versi yang baru
Dependability Multi Platform Tidak multi platform
Efficiency Cepat Lebih Cepat
Usability Relatif mudah digunakan Mudah digunakan, kecuali Office 2007
Security Tidak banyak virus yang mengintai bahkan tidak ada. Banyak sekali virus yang mengintai
Feature Semua edisi aplikasi perkantoran dalam satu edisi. Hadir dalam banyak edisi, sehingga banyak pilihan.
Kelebihan Open Office,
• Biaya terjangkau
• Stabil
• Aman
• Update yang jauh lebih cepat
• Ukuran file yang lebih kecil
• Cepat
• Mudah digunakan ( Usability )
• Multi Platform ( Dependability )
• Dapat membaca file office Linux dan Windows ( Maintanability )
Kekurangan Open Office,
• Update terlalu cepat
• Template dokumen yang berbeda dengan Ms.Office, sehingga dokumen yang dibuat dengan ekstensi open document tak bisa dibuka dengan Ms Office.
Pertimbangan untuk memilih Open Office
• Microsoft Office dan Open Office melakukan pekerjaan yang sama, mencetak surat yang sama, menghasilkan spreadsheet yang sama.
Namun perbedaannya adalah masalah biaya. Mengapa menghabiskan lebih banyak uang untuk melakukan melakukan pekerjaan yang sama?
• Microsoft Office memiliki “tampilan baru” yang radikal, yang membuatnya tidak umum dibandingkan dengan apa yang kita miliki saat ini.
Hanya untuk membuat perbedaan atau memberikan kemudahan ?? ( tanda tanya besar )
• Open Office membaca semua berkas Microsoft Office. Jika Anda melakukan perubahan pada Open Office, investasi Anda pada dokumen, spreadsheet, presentasi dan lain-lain akan aman.
• Lisensi Open Office mengijinkan Anda untuk menginstallnya pada sebanyak komputer yang Anda inginkan dan menggunakannya untuk sembarang tujuan

Comments :

0 Komentar Kritis to “perbandingan open office 2003 dengan open office 2007”


Post a Comment

[ Gunakan Kotak Komentar Pop Up untuk Berkomentar ]

Gunakanlah hak suara anda pada kotak dibawah ini secara profesional.